Pengertian Vpn - AryaBlcTelkom

Senin, 05 Maret 2018

Pengertian Vpn

Pendahuluan 

yo,disini saya akan menjelaskan tentang apa si itu VPN ? ea bagi kalian yang pernah membuka situs-situs yang telah diblok oleh keminfo atau oleh Internet Positif pasti tau kan kegunaan dari VPN itu apa ? :v,kalau sudah disini saya akan menjelaskannya xD

Pengertian 

VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu perantara di dalam internet agar kita bisa mengakses jaringan atau server tertentu jadi vpn itu dia menggunakan jaringan internet sebagai perantaranya,kenapa disebut VPN karna hanya orang tertentu saja yang mengetahuinya dan setiap data yang dikirimkan ke akan ter'enkripsi oleh vpn itu sendiri xD

nah sebenernya fungsi VPN itu apa aja si ?
ini di liat aja

1. Kerahasiaan (Confidentially).
VPN merupakan teknologi yang menggunakan jaringan internet atau jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian informasi atau data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data. Walau ada pihak-pihak yang bisa menyadap data-data yang melewati jaringan internet maupun jalur dari VPN sendiri, akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca data tersebut sebab data tersebut sebelumnya telah teracak. Dapat disimpulkan dari fungsi confidentially ini maksudnya supaya data yang di transmisikan haya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja.
Apa itu VPN atau Virtual Private Network?
Apa itu VPN atau Virtual Private Network? | Sumber gambar: netkromsolution.com
2. Keutuhan data (Data Integrity).
VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim kan hingga data tersebut sampai di tempat yang di tujunya. Sehingga data saat di perjalanan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Autentikasi sumber (Origin Authentication).
PVN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan di terimanya. PVN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, tidak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan.
b. Manfaat dari VPN
Beberapa manfaat VPN, diantaranya seperti di bawah ini:
  • Remote Access – Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.
  • Keamanan – dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.
  • Dapat menghemat biaya setup jaringan – VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.
C. Berikut ini kelebihan dan kekurangan VPN
a. Kelebihannya seperti di bawah ini:
  • Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.
  • Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.
  • Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.
b. Dan kekurangannya seperti di bawah ini:
  • Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu resiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.
Semoga tulisan mengenai pengertian VPN diatas dapat kamu pahami dan maaf jika ada kesalahan. Terimakasih telah membacanya semoga dapat bermanfaat.
sumber:http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-vpn-dan-fungsinya-serta-manfaatnya.html

Latar belakang & Batasan masalah 

  • Ketika kita menginginkan kita ingin meremote server kita dari jarak jauh kita bisa mengandalkan VPN ini sebagai perantaranya

Maksud dan tujuan 

  • Karna ketika kita sedang berada di jakata sedangkan server kita berada di Yogyakarta dari pada kita jauh-jauh kesana lebih baik kita menggunakan VPN

Hasil yang diharapkan 

  • Mengerti sebagian besar tentang VPN

Alat dan bahan 

  • Laptop

Jangka waktu pelaksanaan 

  • 5-7 menit

Tahap pelaksanaan 

  • bacalah ketika sedang sunyi
  • usakan tidak ngantuk

Hasil yang didapatkan 

  • Mengerti secara garis besar tentang VPN

Temuan permasalahan 

Tidak ada

Kesimpulan 

Vpn itu sangatlah berguna serumpama kita ingin meremote server kita dari jarak jauh kita bisa menggunakan VPN ini sebagai perantaranya

Refrensi dan daftar pustaka 

http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-vpn-dan-fungsinya-serta-manfaatnya.html

Tidak ada komentar:

@way2themes