Apa si itu SSH ? - AryaBlcTelkom

Kamis, 22 Maret 2018

Apa si itu SSH ?

Pendahuluan 

yo,disini saya akan menjelaskan apa si itu ssh ? ea, dan sebelum itu kalian pastikanlah sudah membaca hal-hal yang harus dilakukan ketika atau sudah menginstall server xD kalau belum bisa baca disini ea xD ,atau kalian belum tau cara instalasi Server kalian ? kalian bisa check lagi neh disini xD

Pengertian 

Hasil gambar untuk apa itu ssh]

apa si itu ssh (Secure Shell) ? ssh adalah sebuah protokol jaringan,yang digunakan untuk komunikasi data yang aman,perintah esekusi jarak jauh antara 2 jaringan komputer,yang saling terkoneksi,dimana komputer 1 menjalankan ssh server dan yang satunya menjalankan ssh client biasanya,untuk OS atau sistem operasi linux dia sudah secara default menyediakan ssh.

kenapa ssh dikatakan aman ? karna ssh itu menggunakan enkripsi professional,tidak seperti telnet.

seperti namanya secure SHELL,dia mengakses ssh server di dalam perintah hitam dan putih maksudnya ssh itu dia Remote komputer di dengan perantara Terminal atau biasanya di windows itu CommandPrompt

ssh itu dia menggunakan port 22 untuk defaultnya setiap service atau pelayanan yang ada di server itu memiliki port yang berbeda beda contoh http 80.

SSH mengijinkan mengenskripsi data sehingga kemungkinan malicious tidak dapat mengakses informasi user dan password. SSH juga mengizinkan untuk menembus protokol lain seperti FTP. Berikut beberapa hal spesifik yang perlindungan yang diberikan SSH :
  • DNS Spoofing : Penyerangan hacking jenis ini dilakukan dengan cara memasukkan data dalam Sistem Domain yang dimana Name Server cache database. Hal ini akan menyebabkan Name Server akan kembali ke IP yang salah sehingga dapat mengalihkan lalu lintas ke komputer lain.
  • Manipulasi Data seperti halnya router disepanjang jaringan : Penyerang memperoleh atau merubah data pada perantara sepanjang rute jaringan. Hal ini sering dilakukan pada router dimana data masuk dari gateway atau pos pemeriksaan di jalan ke tujuan.
  • IP Address Spoofing :
    IP Spoofing bekerja dengan  menyembunyikan alamat IP dengan membuat paket IP yang berisi alamat IP palsu dalam upaya untuk meniru koneksi lain dan menyembunyikan identitas ketika Anda mengirim informasi.
    Untuk mendapatkan akun dan penggunaan dari SSH ini, Anda bisa mendapatkan akun SSH gratis dari penyedia provider asalkan syaratnya server base on linux.
 itu adalah hal-hal yang ssh akan lindungi server kalian ketika kita ingin mencoba berkomunikasi,anggaplah seperti ini jika HTTP itu portnya 80 dan masih belum aman/Secure HTTPS portnya 443 dan itu aman,jadi ssh akan menjamin keselamatan komunikasi antara client dan server kalian,lalu apa si manfaatnya menggunakan ssh ?
  • kalian bisa bergerak bebas di setiap arsitektur server kalian 
  • kalian juga bisa dapat memonitoring log file kalian
  • kalian bisa menghentikan Service atau Menghidupkan kembali
  • kalian bisa sesuka hati mengedit database kalian
  • kalian bisa sesuka hati mengganti port service kalian masing masing dengan agar aman dll 
kapan si kita harus menggunakan ssh ?
  • kalian bisa menggunakan ssh ketika kalian ingin mengedit hosting atau server kalian 
  • kalian bisa menggunakan ssh ketika kalian ingin meremote server kalian,agar aman dll
kenapa si harus ssh ? ea,pasti itu akan muncul di benak pikiran kalian ? ye gk ? :v
kenapa harus ssh ? simple aja si masa iya ketika kalian ingin berkomunikasi atau meremote server kalian menggunakan service atau aplikasi kalian dengan service yang belum bisa dikatakan aman ? apa kalian mau data-data kalian hilang begitu saja ? gk kan ?

nah ini kan kita dari tadi berbicara tentang kelebihannya ssh neh yekan ? :v
sekarang apa si kekurangan ssh ?
  • Tidak user friendly ? loh kok tidak userfriedny ? padahal kan ini aman ? ,yah gimana kgk sehabisnya kalau kita ingin membuat sesuatu hal yang bisa kita katakan aman pastikan kalian haruslah mengkonfigurasi ssh tersebut agar bisa terhindar dari salah satu Malicious diatas tadi.
  • PermitRootLoginnya loh ada apa dengan permit loginnya ? ea,jika kita menggunakan debian 7 pasti kan PermitRootLoginnya pasti yes? ye kan nah itu bisa dikatakan kurang aman sehingga haruslah di ganti servernya :v canda oy,mksdnya di ganti aja kata kata yes menjadi no bukan oh yes oh no :v wkwkkw 
  • agak sedikit rumit dimengerti untuk orang-orang awam,saya merasakan sendiri :v 
nah satu lagi neh kenapa ssh bisa dikatakan aman,karna ssh itu ditulis dari BSD atau FreeBSD tau diri kan kenapa BSD atau FreeBSD itu aman ? 

nah ssh ini bisa di terapkan dimana ya ?
ssh bisa kalian terapkan di
  • Hosting
  • Server
  • OS kalian masing masing 
  • ketika kita ingin meremote server kita yang ada di jakarta
dll





dah itu aja si menurut saya tentang pengertian ssh xD

Latar belakang & Batasan masalah 

karna ketika kita ingin berkomunikasi data,pasti kan kita menginnginkan jaringan yang aman tentram dan damai ?,inilah mengapa ada ssh,ssh itu membantu kita untuk  berkomunikasi antara komputer yang lain dengan aman

Maksud dan tujuan 

Ketika kita berkomunikasi atau bertukaran data kita akan merasakan aman,dari berbagai serangan atau hacking yang ada

Hasil yang diharapkan 

Mengerti garis besar apa si itu ssh

Alat dan bahan

  • Laptop

Jangka waktu pelaksanaan 

12 menit

Tahap pelaksanaan 

  • Bacalah ketika sedang sepi

Hasil yang didapatkan 

mengerti kenapa ada ssh,dan kelebihan dan kekurangan ssh,dan apa aja yang bisa dilindungin oleh ssh sewaktu kita ingin berkomunikasi atau bertukar data.

Temuan permasalahan

  • Ngantuk sumpah baca di malam hari ngantuk

Kesimpulan 

ssh itu adalah service atau pelayanan yang menjanjikan untuk para client maupun server yang sedang berkomunikasi atau bertukar data secara aman

Refrensi dan daftar pustaka 

  • http://www.uhangkincai.com/2015/08/ssh-vs-vpn-inilah-kelebihan-dan.html 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/SSH
  • Otak :v wkkwkw

Tidak ada komentar:

@way2themes